Saturday, May 30, 2009

Kuliah online gratis dari UNESCO di Univ.of the People

Disarikan dari harian KOMPAS 29 Mei 2009,

Atas nama PBB , tanggal 27 Mei 2009 yang lalu telah diluncurkan situs web UNESCO, berupa situs peluncuran universitas online gratis.
Situs nya www.portal.unesco.org/ci/en

Universitas online gratis ini disebut-sebut sebagai yang pertama di dunia. Untuk mendukung keberlanjutan program ini, UN Global Alliance for Information and Commucation Technology and Development (GAID) telah memberi komitmen nya untuk memajukan dunia pendidikan. Program kuliah ini dirancang gratis, mulai dari biaya kuliah sampai mengakses materi kuliah nya.

Untuk taun pertama, dibuka dua jurusan , yatu Business Administration dan Computer Science. Pendiri nya adalah Shai Reshef,yang mengatakan bahwa latar belakang didirikan nya universitas inii adalah bahwa saat ini terdapat ratusan juta orang di dunia yang tak mungkin belajar di perguruan tinggi, baik karena keterbatasan biaya, infrastruktur maupun waktu. Menurut Reshef, untuk orang-orang seperti ini lah universitas ini dibangun. Belajar bisa dari rumah dengan memanfaatkan teknologi open source gratis, materi yang dapat diakses gratis, dan pendidikan peer to peer atau pengajaran berbasis online jarak jauh.

Pendaftaran nya sudah dibuka sejak dua minggu yang lalu, dan sudah ada 200 mahasiswa dari 52 negara yang telah mendaftar. Para mahasiswa ini akan dimasukkan dalam kelas yang berisi 20 mahasiswa.Sudah banyak dosen profesor yang bersdeia menjadi volunteer.
Informasi pendaftaran dan sistem pembelajaran nya bisa di liat di www.uopeople.org

0 comments:

Post a Comment

Do You Want to Know The Latest Scholarship? It's Trully Free :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner